Cara Super Cepat menampilkan status Pengajuan NISN



Bismillahirrahmanirrahiim,

Sahabat Al Falah, 

Verval data Peserta Didik merupakan sebuah keharusan. Mengapa demikian ??? Hal ini dikarenakan pada kenyataannya di sebagian besar wilayah Indonesia masih banyak warga negara yang belum memiliki arsip administrasi kependudukan yang jelas, misalnya, nama seseorang bisa berbeda antara nama yang tertulis di Surat kenal Lahir dengan yang tertulis di KK(Kartu Keluarga) atau Akta Kelahiran bahkan dengan nama yang tertulis di Ijazah dan KTP (Kartu Tanda Penduduk), hal ini akan menjadi masalah ketika orang tersebut akan melakukan sesuatu hal yang membutuhkan berkas lengkap sebagai persyaratan suatu urusan yang berkaitan dengan data individu orang tersebut. Untuk memutus kekisruhan data individu, terutama yang tekait dengan dunia pendidikan maka dengan Verval Peserta Didik dapat di wujudkan data yang berkualitas, dimana seseorang akan ter-rekam tidak hanya riwayat pendidikan-nya tapi juga data individu yang tidak berubah lagi semenjak orang tersebut mulai memasuki dunia pendidikan sampai selesai.

Terkait dengan dunia pendidikan, data individu yang valid digunakan pula sebagai data acuan untuk kebijakan, misalnya, terkait dengan BOS-SM yang mulai tahun 2015 pencairannya menggunakan acuan data individu siswa yang di entrykan melalui DAPODIKMEN (bagi sekolah di bawah naungan Kemendikbud) ataupun melalui EMIS (bagi madrasah di bawah naungan Kemenag),  yang selanjutnya data tersebut perlu  di verval dengan VervalPD. Data siswa yang sudah di verifikasi dan di validasi inilah yang akan menjadi acuan dasar. Mulai dari Ujian Nasional untuk semua jenjang pendidikan, dan program-program lain yang di luncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ataupun Kementerian Agama RI, bahkan semenjak tahun 2014, beberapa institusi menggunakan data individu hasil vervalPD sebagai acuan pula, seperti, Pendaftaran ke perguruan tinggi ataupun kepolisian dan institusi pendidikan lanjutan yang lainnya.

Sahabat Al Falah

Terkait dengan verval Peserta Didik tersebut di atas, pada kesempatan kali ini kami ingin mempersembahkan sebuah tutorial tentang Cara Super Cepat menampilkan status Pengajuan NISN ataupun Perubahan Data Siswa berdasarkan waktu pengajuan ataupun waktu respon atas pengajuan tersebut pada menu edit data di laman http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id
Tutorial ini tentunya dikhususkan bagi madrasah yang ada di bawah naungan Kemenag. Dan sebelumnya secara terus-terang kami katakan bahwa kami tidak bisa menjamin apakah trik ini bisa diterapkan untuk sekolah yang ada di naungan Kemendikbud.

Langsung saja ke tutorialnya dengan urutan langkahnya sebagai berikut :

Langkah Pertama :
Masuk ke laman http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id dan login menggunakan akun Pendma / akun operator Kemenag kabupaten

Langkah kedua :
Bagi yang sudah mengajukan perubahan NISN atau perubahan Nama/ Tanggal lahir, langsung menuju ke menu edit data > klik status, tunggu sampai tampil seperti gambar di bawah ini.

(Catatan PENTING : Langkah pertama s/d langkah terakhir ini juga berlaku bagi para sahabat operator yang ingin mengajukan perubahan NISN atau perubahan Nama/ Tanggal lahir siswa. Hal ini menjadi penting untuk melihat dan sekaligus menyalin status pengajuan/waktu pengajuan yang telah dilakukan, sehingga nanti lebih mempermudah pada saat mengecek apakah pengajuannya sudah disetujui ataukah belum).


Langkah ketiga :
Setelah tampil halaman status pengajuan, terlebih dahulu tampilkan halaman dengan cara seperti gambar di bawah ini


Langkah keempat :
Klik satu kali pada kolom waktu respon, tunggu proses loading selesai


Langkah kelima :
Klik satu kali lagi pada kolom waktu respon hingga tampil data sebagaimana gambar di bawah ini. (CATATAN: Perhatikan arah panah pada kolom waktu respon. Arah panah ke bawah, berarti data yang akan ditampilkan adalah urutan data dari tanggal paling akhir atas respon approval. Begitu pula sebaliknya).



Langkah keenam :
Setelah tampil urutan data sesuai yang kita inginkan, klik kolom paling atas dan selanjutnya tekan mouse dan arahkan  tarik ke bawah



Atau kalau mau yang lebih praktis lagi, klik salah satu kolom lalu tekan control + A secara bersamaan biar seluruh halaman terblok diteruskan dengan klik kanan > copy atau control + C


Trik Smart :  Untuk mempersingkat waktu, catat tanggal pengajuan, cari dan blok kelompok data yang sesuai dengan tanggal pengajuan Anda untuk di-salin/di-copy.

Langkah ketujuh :
Buka microsoft excel, klik paste special > as text lalu delet data yang tidak kita butuhkan.
Lalu blok seluruh data pada kolom NISN, klik kanan > format cell > Number > Custom.
Isikan angka 0 sampe 10 kali (0000000000) pada kotak yang ada di bawah type. Tekan OK  agar nomor NISN sesuai dengan data yang  kita salin


Langkah ke delapan :
Klik halaman berikutnya sebagaimana gambar di bawah ini. Menuju ke langkah ke enam dan langkah ketujuh untuk menyalin data yang ada pada halaman-halaman berikutnya.


Langkah terakhir adalah mencocokkan data pengajuan perubahan Anda di lembar excel, apakah pengajuan sudah disetujui dan berhasil ataukah pengajuan Anda masih dalam antrian untuk disetujui.

Sahabat Al Falah,
File tentang Cara Super Cepat menampilkan status Pengajuan NISN  ini juga kami buat dalam format pdf. untuk lebih memudahkan Anda menyimak tutorial secara offline. Dapatkan filenya di sini

Demikian trik dan tutorial tentang Cara Super Cepat menampilkan status Pengajuan NISN, semoga bermanfaat

Selanjutnya ikuti Cara Super Cepat Pengajuan  Perubahan NISN Siswa di sini




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »