Kiat Khusus agar Sukses dalam Mengikuti PLPG Tahun 2015




Bismillahirrahmanirrahiim,

Sahabat Al Falah

Setelah mengikuti UKA beberapa saat yang lalu, tahap berikutnya yang harus dilalui peserta Sertifikasi Guru 2015 adalah pelaksanaan PLPG. Tahapan ini tentunya akan diikuti oleh sahabat guru yang telah dinyatakan lolos dalam Uji Kompetensi Awal.

Saat ini, ada beberapa rayon pelaksana sudah melakukan pemanggilan peserta dan melaksanakan PLPG. Ada juga beberapa rayon yang masih melaksanakan verifikasi dan validasi atas kelengkapan berkas yang dikumpulkan oleh para guru calon peserta PLPG. Namun secara umum,  pelaksanaan PLPG tahun 2015 ini dijadwalkan mulai pertengahan bulan Agustus 2015 ini. 

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, sebelum Anda mengikuti kegiatan PLPG ini, tidak ada salahnya jika mulai sekarang ini mempersiapkan diri  sebaik-baiknya  dengan cara mengetahui serta mempelajari  persiapan apa saja atau tips dan trik sukses mengikuti PLG tahun 2015. 

Lalu hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti PLPG ini? 

Berikut ini yang harus dipersiapkan :

1. Guru / calon peserta PLPG harus mempersiapkan dan mempelajari buku panduan guru (buku guru), buku teks pelajaran (buku siswa) yang ditetapkan sebagai dokumen kurikulum 2013.
Persiapan materi tentang Kurikulum 2013,  silahkan unduh di sini
Buku Kelas 1 SD, silahkan unduh di sini
Buku kelas 4 SD, silahkan unduh di sini
Sedangkan Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 lainnya, silahkan unduh di sini

2. Guru / calon peserta PLPG harus mempelajari kisi-kisi dan modul/materi PLPG sebagai persiapan mengikuti PLPG. Dengan mempelajari lebih awal, peserta bisa mempunyai pemahaman terlebih dahulu mengenai materi-materi yang akan disampaikan oleh instruktur PLPG.
Persiapan Materi PLPG untuk Guru Kelas maupun Guru Mapel silahkan unduh di sini
Kisi-kisi PLPG PAUD silahkan unduh di sini
Kisi-kisi PLPG Guru Kelas SD/MI silahkan unduh di sini
Kisi-kisi untuk Guru Mapel silahkan unduh di sini
Pedoman UKG silahkan unduh di sini
Simulasi Latihan Soal UKG/PLPG silahkan unduh di sini

3. Guru/ calon Peserta PLPG diharapkan membawa dokumen pendukung kurikulum 2013 (SKL, standar isi, standar proses, standar penilaian) dan contoh RPP, serta referensi yang relevan dengan bidang keahlian masing-masing. Contohnya dapat Anda unduh di SINI dan di SINI


4. Bagi guru pengampu mata pelajaran yang belum tersedia buku guru dan buku siswa, wajib membawa contoh RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan buku atau referensi yang relevan. Guru BK membawa buku-buku yang berkaitan dengan BK, Peraturan Menteri.
Di samping itu harap dipersiapkan pula file-file tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Contohnya dapat Anda unduh  di SINI


5. Disarankan peserta PLPG membawa laptop guna menunjang pelaksanaan PLPG dan penerapan media pembelajaran seperti media, RPP, silabus dan lain-lain. Selain itu, jangan lupa printer bisa dibawa untuk peserta dari satu daerah dan bisa digunakan untuk mencetak tugas-tugas yang diberikan oleh instruktur PLPG.


6. Surat Keterangan Dokter.


7. Membawa suplemen yang cukup untuk menjaga stamina tubuh serta obat-obatan pribadi untuk yang mempunyai penyakit tertentu.


8. Pensil 2B dan alat tulis lainnya. .


9. Usaha terakhir adalah berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kemudahan dan hasil terbaik dalam pelaksanaan PLPG.


Demikian kiat sukses mengikuti PLPG tahun 2015, semoga bisa membantu kelancaran Bapak/Ibu guru dalam mengikuti PLPG tahun 2015, sehingga pada akhirnya LULUS sertifikasi dan cepat mendapatkan tunjangan profesi.

Amin ya robbbal 'alamin


Salam sukses dan salam keberuntungan




------------------------------------------------------




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments