Mengintip Penampakan Fitur Ajuan SKBK di Simpatika


Fitur Ajuan SKBK di Simpatika



Sahabat Alfata


Salah satu syarat administrasi yang harus disertakan dalam pencairan tunjangan; khususnya dalam pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG), adalah dokumen Surat Keterangan Beban Kerja (SKBK) dan Surat Keterangan Melaksanakan Tugas (SKMT). Berkaitan dengan hal tersebut, Simpatika telah menyatakan bahwa pada periode semester genap tahun pelajaran 2015/2016 ini akan meluncurkan program-program baru, di mana salah satunya adalah penambahan fitur Cetak SKMT dan SKBK online.

Bagi Anda pengguna layanan SIMPATIKA (Sistem Informasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama) yang penasaran dengan kedua fitur tersebut, maka berikut ini adalah merupakan penampakan fitur baru yang sedang ditunggu-tunggu, yaitu Ajuan SKBK (Surat Keterangan Beban Kerja) dan Pengesahan SKMT (Surat Keterangan Melaksanakan Tugas). 

Mari kita lihat bersama, seperti apa penampakan fitur baru ini…

Rincian data beban tugas mengajar.
Rincian data beban tugas mengajar.
Rincian data beban tugas tambahan.
Rincian data beban tugas tambahan.



Dengan melihat cuplikan gambar di atas, maka rekan-rekan guru madrasah tentunya sudah memperoleh sedikit gambaran tentang apa yang dimaksudkan. Semua data yang dibutuhkan untuk penilaian kelayakan pemberian Tunjangan Profesi, mulai dari data sekolah atau madrasah tempat mengajar, mata pelajaran yang diampu, pemenuhan rasio guru dan siswa, serta jam tugas mengajar, semuanya tersedia. Demikian pula bagi guru yang mempunyai beban tugas tambahan, data-datanya juga bisa dimasukkan, seperti nama tugas, kategori tugas, dan tentu saja penyetaraan tugas tambahan terhadap jumlah jam mengajar.


Sebagai bagian dari SIMPATIKA, fitur Ajuan SKBK juga menghormati prinsip layanan SIMPATIKA secara umum, yaitu sistem menjamin proses pengelolaan data yang lebih transparan, terpadu, akurat, cepat, mudah, dan sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku, serta bekerja secara realtime online. 

Fitur baru Ajuan SKBK dalam SIMPATIKA ini mempunyai 3 (tiga) keunggulan utama, yaitu:

1. Bekerja secara realtime online dan terpadu

Sistem yang bersifat realtime online dan terpadu memungkinkan proses pengajuan SKBK bisa dipantau setiap saat secara langsung dari mana saja dan kapan saja. Guru yang mengajukan SKBK bisa memantau seluruh proses pengajuannya dari awal hingga akhir. Setiap guru bisa mengetahui apakah SKBK yang diajukannya telah diproses dan dinilai dengan benar. Begitu sebuah ajuan SKBK selesai dinilai, saat itu juga guru yang bersangkutan dapat melihat hasilnya melalui akun SIMPATIKA masing-masing. Dengan demikian, tak ada waktu tunggu dalam pemrosesan data, serta terpusat dan terpadu dalam penyajian data.

2. Data berbasis data nyata jadwal mengajar guru

Data utama SKMT dan SKBK diambil dari sumber primer, yaitu jadwal mengajar guru yang sebenarnya yang ada di SIMPATIKA. Informasi jumlah jam mengajar, rasio guru dan siswa, mata pelajaran yang diampu, dan sebagainya. Sistem penjadwalan dalam SIMPATIKA cukup cerdas untuk bisa mencegah adanya jadwal ganda atau jadwal bentrok. Ini berkat sistem yang terpadu dalam SIMPATIKA. Dengan demikian, data yang digunakan dalam SKMT dan SKBK lebih akurat, terpercaya, dan dapat dipertanggung-jawabkan keabsahannya.

3. Penilaian yang terotomasi oleh sistem

Penilaian kelayakan SKBK dalam layanan SIMPATIKA dilakukan secara otomatis oleh sistem berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku untuk Tunjangan Profesi. Sepanjang data primer yang dimasukkan adalah data yang benar maka penilaian hasil kelayakan juga benar dan sesuai aturan. Tidak ada pemasukan data berulang sehingga kemungkinan data ganda atau salah entri menjadi sangat kecil. Dengan demikian, hasil penilaian SKBK dari layanan SIMPATIKA untuk penentuan kelayakan Tunjangan Profesi menjadi lebih akurat, cepat, mudah, dan akuntabel.


Dengan 3 keunggulan tersebut, fitur Ajuan SKBK dalam layanan SIMPATIKA menjadi fitur eksklusif yang belum tersedia di layanan-layanan lain sejenis.

Perhitungan jumlah jam mengajar.
Perhitungan jumlah jam mengajar.

Layanan SIMPATIKA yang bekerja secara realtime online, terpadu, dan pintar, membuat pihak Kantor Kemenag dari kota dan kabupaten hingga tingkat nasional menjadi sangat terbantu dalam pengelolaan PTK secara lebih profesional, cepat, mudah, dan lengkap. Sistem layanan SIMPATIKA menjamin aturan dan prosedur dilaksanakan dengan benar, data-data yang digunakan bersumber dari data sebenarnya, serta proses yang cepat dan mudah dengan bantuan teknologi, sehingga keluaran dari sistem ini adalah informasi yang akurat dan dapat dipertanggung-jawabkan.
Penilaian status kelayakan Ajuan SKBK.
Penilaian status kelayakan Ajuan SKBK.

Fitur Ajuan SKBK dan SKMT ini akan segera diluncurkan dalam bulan Februari 2016. Kapan tepatnya? Kita tunggu saja jadwal tayangnya di SIMPATIKA sebentar lagi ....


Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait Fitur Ajuan SKBK di Simpatika. Semoga bermanfaat.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »