Panduan untuk Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) di SIMPATIKA

Panduan untuk Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) di SIMPATIKA

Sahabat Alfata


Salah satu program baru yang dirilis oleh SIMPATIKA dalam pendataan semester genap tahun 2016 ini adalah NPK. Nomor Pendidik Kemenag (NPK) merupakan format numerik 13 digit yang unik yang digunakan sebagai identitas khusus Guru/Pendidik di Satuan Adminstrasi Pangkalan (satminkal) Kementerian Agama yang berfungsi untuk mendukung program pengembangan mutu pendidik khususnya serta alat pengendalian dan monitoring dinamisasi data pendidik satminkal kemenag.



Basis data NPK di Simpatika yang telah dibangun dan telah terintegrasi dengan Aplikasi Kemendikbud (ap2sg dan asg) akan digunakan sebagai syarat bagi calon peserta sertifikasi guru yang berasal dari satminkal Kemenag mulai periode 2016. NPK ini juga nantinya bisa menjadi salah satu syarat ajuan NUPTK Baru ke Kemnedikbud (opsional). Di samping itu, NPK dan NRG juga akan digunakan sebagai basis data dalam penentuan sertifikasi lanjutan serta aneka tunjangan pendidik maupun penentuan kebijakan-kebijakan lainnya.


Semua pendidik dengan status PNS dan atau semua pendidik yang telah memiliki NUPTK secara otomatis akan diberikan NPK oleh sistem. Sedangkan bagi pendidik dengan status Non PNS dan belum memiliki NUPTK, berlaku syarat sebagai berikut:

  1. Kualifikasi pendidikan minimal D4/S1
  2. Minimal 2 tahun TMT sebagai pendidik tetap di satminkal Kemenag
  3. Memiliki riwayat mengajar dalam 4 semester berurutan dalam 2 tahun terakhir.
  4. Telah memiliki sertifikat pendidik



Bagi rekan guru madrasah yang penasaran dan ingin mengetahui NPK yang dimiliki, maka berikut ini merupakan Panduan untuk Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) di SIMPATIKA :


  1. Login sebagai PTK, pilih Login PTK/Admin pada layanan http://simpatika.kemenag.go.id/LOGIN PTK-ADMIN
  2. Pada dasbor layanan, pilih layanan SIMPATIKA PTK.layanan ptk
  3. Selanjutnya akan ditampilkan notifikasi NPK Anda. Klik Lihat Info NPK untuk melihat detil NPK.NOTIF NPK
  4. Berikut contoh tampilan info NPK.info npk

Demikian tutorial singkat yang bisa kami bagikan tentang Panduan untuk Melihat Nomor Pendidik Kemenag (NPK) di SIMPATIKA. Kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »